Thursday, May 23, 2013

Pesawat Alat Cukur Listrik


Pesawat Alat Cukur Listrik
Sebuah alat cukur listrik terdiri dari sederetan pisau cukur pada kepala (bungkul) yang bergerak, digerakkan oleh sebuah motor. Bungkul bergerak pada garis lurus atau berputar di bawah sesuatu yang tipis, bungkul logam fleksibel. Lubang atau slot (celah) pada  bungkul ini menjepit jambang seraya alat cukur bergerak, dan pisau cukur memangkasnya. Kunci untuk mengurangi masalah dalam menggunakan alat cukur ini adalah membersihkan setiap selesai mencukur, dan melumasi secara ringan setiap bulan atau lebih sering lagi.
Perhatian: Sebelum bekerja dengan pesawat alat cukur, pastikan bahwa steker pesawat tidak terhubung pada jaringan.

Pembongkaran
            Kebanyakan alat cukur dapat dibongkar  untuk pembersihan; beberapa dapat dibongkar melalui sekrup penguat untuk servis. Pembukaan bodi untuk mendapatkan bagian-bagian yang bekerja dari pesawat tergantung pada jenis alat cukur; beberapa alat cukur disegel oleh pabrik pembuatnya, dan hanya dapat diservis oleh mereka yang sudah profesional. Sebab alat cukur dan bagian-bagian dari komponen utamanya, adalah sangat kecil, peralatan kecil pun dibutuhkan untuk memperbaikinya; ukuran-ukuran obeng dan tang yang telah ada biasanya tidak bisa digunakan.
Untuk membongkar alat cukur bungkul-rotari, munculkan bungkul cukur dengan mengangkat sekrup yang mengencangkannya di dalam konfigurasi kulit kerang. Jika pesawat mempunyai pencukur tambahan (trimmer) di dalamnya, angkat trimmerdengan menekan ke bawah pada pegas penjepit dan peluncur trimmer di luar bodi. Gear ditempatkan di belakang pelat logam rata dipegang pada tempatnya oleh sekrup penguat. Angkat sekrup penguat untuk mengeluarkan gear; angkat gear untuk pengaturan kembali atau pembersihan dan pelumasan dengan menariknya ke luar lurus melalui porosnya. Untuk mengambil motor, sakelar, lengan sakelar, dan blok terminal, angkat sekrup bantalan motor.
            Untuk membongkar alat cukur bungkul-kurve, keluarkan bungkul pencukur; Anda mungkin harus men-set dial pada “clean”. Kemudian angkat bilah pemotong dan bantalan karet busa. Putar dial ke posisi terendah. Dengan ujung obeng kecil, pisahkan rumah dalam dan rumah luar; lalu angkat bagian-bagian yang bekerja dari pesawat sebagai unit tunggal. Keluarkan sekrup pengencang pada rumah dalam, dan angkat penutup ini. Di bawah penutup adalah unit yang terdiri dari penggetar dan sebuah magnit medan; angkat sekrup yang mengencangkan unit ini.
            Untuk membongkar alat pencukur dengan bungkul-rata, set dial pada “clean”, dan angkat bungkul pencukur dengan menekan ke atas. Bantalan busa biasanya memisahkan bungkul pencukur dengan bagian dalamnya. Putar dial ke posisi terendah, dan buka rumah dalam dan pisahkan dengan rumah luar dengan menggunakan obeng dimasukkan dekat kontrol pengaturan. Angkat rumah dalam dari pesawat. Dengan bilah pisau kecil, buka sisi-sisi penutup penggetar. Hati-hati jangan merusakkan atau membengkokkan pelindung jambang pada ujung-ujung penutup. Angkat sekrup yang mengencangkan rumah bersama di dalam konfigurasi kulit kerang; keluarkan unit penggetar dan magnit medan.

Pembersihan dan Pelumasan
            Setelah selesai digunakan, bersihkan bungkul pencukur dengan sikat kecil yang telah disediakan oleh pabrik pembuatnya; atau angkat bungkul pencukur dan pisau cukur dan bersihkan di bawah cucuran air. Keringkan bagian-bagian lain; ambil komponen-komponen tersebut lalu keringkan sepenuhnya sebelum kembali dipasang. Sekali sebulan, bersihkan dan minyaki bilah pencukur dengan sedikit minyak RT -- minyak mesin jahit.

Bungkul dan Pelindung (Screen) Pencukuran
            Jika pesawat tidak mencukur dengan baik, bungkul pencukur mungkin tumpul atau pelindung pencukur rusak. Jika bilah tumpul, gantilah dengan bilah baru yang sejenis, atau asah dan tajamkan ke tukang servis. Gantilah pelindung pencukur yang rusak dengan yang baru.


Gear (Transmisi/Roda Gigi)
            Setahun sekali, bongkar pesawat; bersihkan gear dan lumasilah dengan sedikit minyak RT. Selama prosedur pemeliharaan ini, angkat gear, jika mungkin, dan cek gear selama pemakaian atau rusak. Jika gear aus atau hancur, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Pasangkan gear baru seperti gear lama terpasang.

Sakelar
            Jika pesawat tidak berjalan, dan kabel power tidak rusak, sakelar mungkin rusak. Angkat rakitan penggerak dan motor, putuskan kabel-kabel power sakelar, dan angkat sakelar dari pesawat. Ujung kabel mungkin disambung gesek-masuk; gunakan tang hidung panjang untuk menjepitnya. Jangan mencoba memutuskan ujung kabel dengan tangan; Anda akan merusakkan kabel. Tes sakelar dengan AVO, set pada skala Rx1, meter harus terbaca nol. Jika sakelar rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Sambungkan ujung kabel ke sakelar baru dan tempatkan pada pesawat seperti sakelar lama terpasang; lalu rakit  ulang pesawat.

Motor
            Jika motor berputar lambat atau berputar tapi seret, yakinkan selektor tegangan pada pesawat di set ke posisi 110V (tegangan kerja pesawat 110V); pesawat tidak akan berputar secara pas pada posisi 220V.
            Pesawat dengan bungkul-rotari mempunyai motor universal; jika motor tidak berputar atau jika berputar secara tidak menentu, membuat gangguan, bau, atau bunga api, sikat arang mungkin aus. Buka pesawat untuk mengeluarkan motor. Sikat ditempatkan di bawah penguat pegas yang diisi pada motor. Munculkan sikat dengan membuka lengan atas pegas dan mengeluarkan dari bawah bibir logam; angkat sikat dengan membolak-balikkan pesawat. Gantilah sikat dengan yang baru yang sejenis. Untuk problem motor di dalam pesawat bungkul-kurve atau bungkul-rata, bawa ke servis profeional.
            Jika motor berputar tapi pisau cukur tidak bekerja, sambungan tangkai yang menggerakkan bilah mungkin hancur atau bengkok. Tangkai ini biasanya ditemukan pada pesawat bungkul-kurve dan bungkul-rata. Untuk mengolesi samungan tangkai, buka dengan obeng dan angkat penjepit kecil yang mengencangkan tangkai pada kedudukannya. Gantilah tangkai dengan yang baru yang sejenis; pasangkan tangkai baru seperti tangkai lama terpasang.
            Jika motor kelihatan tersumbat dan poros tidak berputar, putar ujung gear dengan tangan. Jika ini bekerja, lumasilah bantalan dengan sedikit minyak RT -- minyak mesin jahit. Jika ini tidak bekerja, bawa pesawat ke servis profesional.



No comments:

Post a Comment